Selasa, 14 Februari 2017

Singgah Sejenak Di Watu Dodol Banyuwangi & Sekitarnya

Singgah Sejenak Di Watu Dodol Banyuwangi & Sekitarnya

Banyuwangi merupakan sebuah kabupaten terluas dan paling timur di Provinsi Jawa Timur. Sehingga salah satu julukan yang populer untuk Banyuwangi adalah "The Sunrise Of Java". Hal tersebut dikarenakan, kabupaten ini merupakan daerah di Pulau Jawa yang terlebih dahulu menerima sinar matahari. Selain itu juga, banyak sekali objek wisata yang ada di Banyuwangi dan sudah dikenal oleh banyak orang. Seperti Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Pantai Boom, Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Watu Ireng dan masih banyak lagi. Namun, ada satu lokasi yang sebetulnya merupakan Objek Wisata yang menarik, terutama dari segi cerita yang berbau mistis. Objek wisata tersebut adalah Watu Dodol.
Lokasi Watu Dodol ini terletak di jalan raya perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo. Dan untuk menuju lokasi area Watu Dodol ini tidak begitu jauh dari Pelabuhan Ketapang, dan hanya berjarak kurang lebih 6 Km.

Jarak Pelabuhan Ketapang - Watu Dodol, Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)
Sebelumnya ane penasaran dengan Watu Dodol ini, mulai dari keindahan alam sekitarnya sampai Cerita Mistis yang menyelimuti area ini. Salah satu sumber cerita yang ane dapatkan adalah saat menonton acara "Mister Tukul Jalan-jalan", dengan lokasi syuting di Banyuwangi. Saking penasarannya, yasudashlah langsung ane cek informasi lainnya di Wikipedia. Dan ternyata memang betul, bahwa ada beberapa cerita menarik tentang si Watu Dodol ini.

Dari hal tersebutlah yang membuat ane menjadikan Objek Wisata Watu Dodol & Sekitarnya ini menjadi destinasi wajib saat mengunjungi Banyuwangi. Sehingga, pas tahun lalu saat usai mengunjungi Taman Nasional Baluran di Situbondo, ane dan kawan yang lain langsung menuju lokasi Watu Dodol.

Rute Perjalanan Dari Taman Nasional Baluran Menuju Watu Dodol (Via Google Maps)

Tiba di lokasi, langsunglah meminggirkan motor tepat pas perbatasan antara Banyuwangi dan Situbondo, yang ternyata berdekatan dengan pantai. Walaupun hanya sebuah area perbatasan antara kedua kabupaten, akan tetapi di area inilah dimana Watu Dodol itu berada.

Lokasi Watu Dodol Yang Dekat Dengan Pantai, Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)


Berfoto Di Perbatasan Kabupaten Situbondo & Kabupaten Banyuwangi, Dengan Pemandangan Watu Dodol
Watu Dodol sebetulnya adalah sebuah batu besar yang ketinggian 6 m dengan beberapa keunikan yang dimilikinya. Yaitu posisi batu yang membagi dua ruas Jalan raya, pohon kelor yang menjulang tinggi pada batu tersebut, dan juga ukuran batu yang bagian atasnya lebih besar dibandingkan dengan bagian bawah batu tersebut.
Watu Dodol Dengan Ketinggian Hampir 6m
Salah satu cerita legenda tentang Watu Dodol yang sudah banyak orang tahu adalah tentang Kyai Semar. Konon dikisahkan saat itu Semar yang sedang berjualan dodol di Pantai Watu Dodol, tiba-tiba bahan dagangannya terguling. Kemudian beras yang terjatuh berubah menjadi hamparan pasir pantai, pikulannya yang menancap diselah-selah batu berubah menjadi pohon kelor, bekal air Kyai Semar berubah menjadi sumber air tawar yang mengalir ke pantai, dan lain-lain.


Watu Dodol Apabila Dilihat Dari Google Street View
 
Ada berbagai cerita mistis yang menyelimuti Watu Dodol ini, dan salah satunya adalah batu ini dipercaya oleh beberapa orang sebagai pintu gerbang gaib untuk menuju Istana Pantai Selatan. Dan juga adanya makhluk gaib yang menjaga disekitar batu ini, sehingga terkadang ada sebagian orang yang sengaja melempar koin saat melewati Watu Dodol ini, dengan tujuan agar terhindar dari bahaya.

Dari cerita mistis tersebutlah, pernah dikisahkan bahwa sebelumnya tentara jepang pernah berusaha untuk memindahkan batu ini dengan cara ditarik oleh kapal. Namun upaya mereka gagal, dan berakhir dengan tenggelamnya kapal tersebut.

Selain itu juga, di sekitar area Watu Dodol ini memiliki kisah mistis lainnya seperti Patung Gandrung yang konon dapat bergerak, Bunker peninggalan tentara jepang yang konon bisa menembus Alas Purwo, Sumur Air Tawar tepi pantai yang dipercaya berkhasiat menyebuhkan berbagai penyakit, dan masih banyak lagi.

Patung Gandrung
Pemandangan Pantai Watu Dodol, Yang Terdapat Sumur Air Tawar
Namun, dibalik cerita mistis tersebut kalau pemandangan alam yang disuguhkan di area ini cukup indah. Seperti suasana Pantai Watu Dodol, yang dilengkapi dengan pemandangan Pulau Bali atau Taman Nasional Bali Barat. Sehingga amat ane sayangkan saja kalau tidak mengabadikan momen selama di Watu Dodol, dengan cara memotret-motret pemandangan alamnya.

Di Depan Patung Gandrung, Dengan Pemandangan Laut & Pulau Bali


-SEKIAN-


Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Watu_Dodol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar