Jumat, 10 Februari 2017

Kala Sore Hari Di Pantai Pancer Door Pacitan Jawa Timur

Kala Sore Hari Di Pantai Pancer Door Pacitan Jawa Timur

Pacitan adalah salah satu nama kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, yang letaknya paling ujung barat daya provinsi ini. Selain terkenal dengan julukan Kota 1000 goa, ternyata kabupaten ini memiliki banyak objek wisata pantai yang sangat indah. Dan salah satunya adalah Pantai Pancer Door, yang letaknya paling dekat dengan pusat kota.

Dari pengalaman ane pas 2 tahun lalu, apabila kita berangkat dari arah Alun-alun Pacitan menggunakan sepeda motor, dimulailah dari Jalan Raya Basuki Rahmat. Kemudian menuju jalan raya yang ke arah selatan atau juga Jalan Raya Jendral Gatot Subroto. Nah dari jalan ini, ikutilah petunjuk jalan yang ada (yang penting menuju ke daeah selatan), dan insyaallah tidak akan menyasar. Hal tersebut dikarenakan, kalau menurut ane pantai ini adalah pantai yang paling dekat dari pusat kota.

Jalan Menuju Pantai Pancer Door Dari Arah Alun-Alun Pacitan
Kebetulan pada saat itu, ane dan kawan yang lain datang ke pantai pas sore hari dan cuaca pun sangat cerah. Sehingga saat ane dan kawan yang lain mulai memasuki kawasan pantai ini, sangat takjub dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh Pantai Pancer Door. Dan tiket yang dikenakan untuk masuk kawasan pantai ini pun tergolong sangatlah murah, yaitu tidak sampai Rp.5000,-. 

Setibanya Di Pantai Pancer Door
Hamparan pasir putih agak kecokelatan yang ada dipantai ini sangatlah luas, sehingga saat ane menginjakkan kaki disini berasa sedang di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta (walaupun beda warna pasor). Selain itu juga, di samping kiri pantai ini terdapat muara Sungai Grindulu yang mengalir kearah tepian pantai, dan juga tebing grindulu yang makin menambah keindahan alam Pantai Pancer Door saat di sore hari.

Hamparan Pasir Pantai Pancer Door Yang Sangat Luas
Sebetulnya, pantai ini masih satu lokasi dengan Pantai Teleng Ria yang sudah lama terkenal. Dan juga, apabila melihat Citra Satelit dan Peta Topografinya akan menunjukkan bahwa sebetulnya pantai ini berada di Teluk Pacitan yang dikelilingi oleh perbukitan selatan Pulau Jawa. 


Teluk Pacitan Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)

Topografi Sekitar Pacitan, Terutama Pantai Pancer Door (Via Google Maps)
Muara Sungai Grindulu nya pun sangatlah bersih, dan keindahannya tidak kalah dengan objek wisata yang lain. Terlebih lagi kalau sore hari seperti saat ane kesana, kita akan melihat aktivitas dari para nelayan yang menggunakan perahunya saat menuju ke laut lepas. Dan uniknya lagi adalah aksi balapan perahu yang dilakukan oleh para nelayan tersebut. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pantai pada saat itu..

Di Tepi Sungai Grindulu Pantai Pancer Door

Aksi Balapan Perahu Di Sungai Grindulu Pantai Pancer Door
Walaupun hamparan pasir pantai ini sangatlah luas, untuk masalah kebersihan cukup terjaga alias bersih. Sehingga kenyamanan pun akan sangat terasa saat kita menikmati keindahan alam di pantai ini.

Dibagian Sisi Lain Tepi Pantai Pancer Door
Di pantai ini kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas agar tidak sia-sia menggunakan waktu selama di pantai. Seperti mengabadikan momen dengan cara foto-foto, ikut memancing dengan pengunjung atau warga sekitar, surfing (bagi yang bisa), sampai menikmati sunset di sore hari seperti yang ane lakukan selama di Pantai Pancer Door.

Masih Di Pantai Pancer Door

Aktifitas Memancing Di Muara Sungai Grindulu Pantai Pancer Door
Deburan ombak yang ada di pantai ini, cukup besar dan sangat cocok untuk kegiatan surfing. Maka tidak heran, saat ane ke pantai ini melihat banyak wisatawan lokal dan asing melakukan kegiatan surfing. Bahkan menurut informasi yang ada, bahwa sekarang-sekarang ini di Pantai Pancer Door suka diadakan kegiatan perlombaan surfing.

Wisatawan Asing Yang Akan Melakukan Kegiatan Surfing
Selain kegiatan surfing yang menjadi daya tarik pantai ini, pemandangan sunset nya pun sangat bagus dan patutu untuk dinikmatin. Walaupun tenggelamnya matahari berada tepat dibelakang bukit alias tidak persis dilaut lepas, keindahan sunset yang ditawarkan pun tidaklah kalah dengan objek wisata lain yang ada diberbagai daerah.

Menikmati Sunset Di Pantai Pancer Door
Maka cobalah datang ke Pacitan dan nikmati sore hari di Pantai Pancer Door.


-SEKIAN-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar