Minggu, 12 Februari 2017

Objek Wisata Pelabuhan Ratu Yang Pas Untuk Dikunjungi

Objek Wisata Pelabuhan Ratu Yang Pas Untuk Dikunjungi

Pada tahun 2015 lalu, ane mencoba untuk liburan akhir pekan ke Pelabuhan Ratu Sukabumi. Kalau buat ane pribadi sih merupakan pertama kalinya, mendatangi kawasan wisata pantai selatan Sukabumi yang terkenal dengan cerita Nyi Roro Kidul nya. Selain itu juga, ternyata di Pelabuhan Ratu dan sekitarnya memiliki berbagai macam objek wisata andalan yang dapat kita kunjungi selama berakhir pekan. Dengan jarak yang tidak begitu jauh, menurut ane pribadi sih Pelabuhan Ratu ini sangat cocok untuk orang-orang JABODETABEK yang ingin berwisata ke pantai selatan.
Pelabuhan Ratu adalah nama sebuah kecamatan atau Ibu Kota dari Kabupaten Sukabumi, dan letaknya berada di selatan atau barat daya dari arah Kota Sukabumi. Selain itu juga, karena bersebelahan dengan Bogor, maka untuk mencapai ke kecamatan ini tidak begitu jauh. 

Saat itu ane dan kawan yang lain menggunakan sepeda motor dari  Kota Bogor, dan waktu tempuh yang dihabiskan adalah 2,5 jam perjalanan. Setibanya di Pelabuhan Ratu, ada beberapa objek wisata yang ane datengin untuk mengisi liburan akhir pekan bersama kawan yang lain. 

Dari hal tersebut, disini ane mau berbagi sedikit informasi tentang objek wisata apa saja yang ada di Pelabuhan Ratu berdasarkan yang ane kunjungin selama berakhir pekan. Objek wisata tersebut adalah sebagai berikut dan semoga bermanfaat :

Objek Wisata Yang Ane Datengin Selama Di Pelabuhan Ratu (Via Google Maps)

1.  Warung Sederhana Di Sekitar Buniwangi

Walaupun ini hanya sebuah warung saja, ternyata pemandangan alam yang disuguhkan cukup menyegarkan mata. Pemandangan yang ane maksud adalah pemandangan Pantai pelabuhan Ratu yang dari kejauhan dapat dilihat dari warung ini. Hal tersebut dikarenakan topografi letak si warung sederhana ini lebih tinggi dibandingkan Pantai Pelabuhan dan sekitarnya.

Lokasi persisnya warung sederhana ini berada di sepanjang Jalan Cikeong atau Jalur Buniwangi. Jadi kalau ada yang ingin ke Pelabuhan Ratu melalui Jalur Alternatif Cikidang, maka akan menemui persimpangan antara langsung ke Kota (Jl. Kiara Lawang) dan Buniwangi. Nah nanti ambillah yang ke arah Buniwangi dan sepanjang jalan ini apabila pantai sudah terlihat, kita akan menemukan sebuah warung sederhana yang letaknya disebelah kanan jalan yang sebelum turunan .

Letak Warung Sederhana Di Buniwangi Yang Ane Maksud, Pada Panah Merah (Via Google Maps)
Di warung ini kita bisa beristirahat sejenak, dengan memesan Kopi Hitam dan Mie Instan sembari menikmati pemandangan Pantai Pelabuhan Ratu dari kejauhan. Dijamin rasa lelah selama perjalanan akan cepat hilang, apabila kita mampir sejenak ke warung sederhana ini.

Saat Memarkirkan Sepeda Motor
Menunggu Pesanan Kopi Hitam & Mie Instan Di Warung Sederhana

2. Pantai Citepus

Pantai Citepus adalah salah satu pantai yang masih masuk kedalam kawasan Pantai Pelabuhan Ratu, dan letaknya berada ditepi Jalan Raya Citepus atau juga arah barat laut dari arah Alun-alun. Di pantai ini cukup bersih sebetulnya, dengan hamparan pasir putih yang memanjang, namun harus tetap waspada dengan ombak yang ada disini.

Di Pantai Citepus
Salah satu keunikan yang ada di pantai ini adalah terdapatnya bebatuan-bebatuan besar dan cukup tinggi. Keberadaan bebatuan ini bisa dijadikan spot foto-foto, selain hanya menikmati keindahan pantainya saja.

Berfoto Di Bebatuan Besar Pantai Citepus

Sisi Lain Di Pantai Citepus

Namun, kalau menurut ane pribadi sih cobalah datang pas pagi hari. Selain menikmati keindahan pagi hari di Pantai Citepus, kita juga dapat melakukan aktifitas bersama dengan pengunjung lainnya seperti bermain bola di pantai. Walaupun hanya dengan bola plastik, akan tetapi lumayan seru untuk menikmati liburan akhir pekan selama di Pelabuhan Ratu.

3. Pantai Karang Hawu

Pantai ini sebetulnya masuk kedalam Kecamatan Cisolok, akan tetapi dengan cerita mistis tentang Nyi Roro Kidul nya maka pantai ini adalah yang paling terkenal dan wajib dikunjungi selama di kawasan wisata Pelabuhan Ratu. Untuk lokasinya pun tidak begitu jauh dengan Pantai Citepus dan masih satu jalur dengan Jalan Raya Citepus.

Salah satu keunikan pantai ini adalah pantai yang berupa batu karang dan tebing yang menjorok kearah lautan. Dan pada umumnya karang yang ada disini berlubang-lubang dan mirip dengan tungku untuk memasak. Karena tungku kalau dalam bahasa sunda nya adalah hawu, maka pantai ini diberi nama Pantai Karang Hawu.

Pantai Karang Hawu Yang Berupa batu Karang
Karena masyarakat sekitar banyak yang percaya bahwa pantai ini merupakan singgasana Nyi Roro Kidul, maka tidak heran apabila terdapat suatu petilasan yang berada dekat diatas bukit pantai ini. Selain itu juga, ombak yang ada di pantai ini cukup besar sehingga kalau saran ane sih tetap waspada saat berfoto-foto di karang pantai.

Sisi Lain Pantai Karang Hawu

4. Mata Air Panas Cisolok

Tidak begitu jauh dari Pantai Karang Hawu, terdapat suatu mata air panas yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Yaitu semburan air panas yang keluar dari celah bebatuan, yang terdapat disungai kecil. Selain itu juga, kita dapat berendam air panas di kolam yang sudah disediakan oleh pengelola objek wisata ini. Sehingga apabila berendam air panas ini, konon katanya berkhasiat dapat menghilangkan berbagai macam penyakit. Wallahualam
 
Semburan Air Panas Cisolok

Sisi Lain Semburan Air Panas Cisolok

5. Alun-alun Pelabuhan Ratu

Di pusat dari Kecamatan Pelabuhan Ratu, terdapat sebuah Alun-alun kota yang menurut ane wajib untuk dikunjungin. Alun-alun ini dikelilingi oleh Mesjid Agung Pelabuhan Ratu, Pendopo, dan juga perkantoran. Hal yang dapat kita lakukan disini adalah mencoba kulineran ala kaki lima seperti  Batagor, Bakso Ikan, Bubur, dan lain-lain. 

Selain itu juga, tidak jauh dari alun-alun ini kita dapat mengunjungi Pasar pelabuhan ratu untuk membeli berbagai ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Alun-alun Pelabuhan Ratu Dilihat Dari Citra Satelit (Via Google Maps)

6. Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Lokasi Goa Lalay ini berada di Jalan Pelita-Cipatuguran, dan sangat dekat dengan PLTU Pelabuhan Ratu. Keunikan dari goa ini adalah terdapatnya sekumpulan kelelawar yang menghuni goa ini, dan menurut informasi akan sangat menarik apabila menjelang jam 5 sore. Karena kelelawar-kelelawar tersebut akan beterbangan secara berkumpulan dan terkesan seperti awan hidup. 

Namun, yang sangat disayangkan adalah saat itu ane datang pada waktu yang kurang tepat yaitu pada siang hari. Jadinya yasudahlah tak apa... :)

Untuk nama objek wisata ini diambil dari kata Lalay (dalam bahasa Sunda), dan kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah kelelawar. Selain dijadikan sebagai objek wisata, goa ini menjadi mata pencaharian sebagian warga sekitar. Yaitu yang memanfaatkan kotoran kelelawar tersebut, yang kemudian dijadikan pupuk dan dijual.

Bagian Dalam Goa Lalay

Bagian Luar Goa Lalay
Selain itu juga, sebetulnya dekat dengan Goa Lalay terdapat sebuah goa lain yang terkesan lebih mistis, karena didalamnya terdapat sebuah petilasan Nyi Roro Kidul.

Salah Satu Goa Dekat Dengan Goa Lalay, Yang Terdapat Petilasan Nyi Roro Kidul

7. Depan PLTU Pelabuhan Ratu

Sebetulnya ini bukanlah objek wisata, namun apabila usai mengunjungi Goa Lalay maka tidak ada salahnya untuk berfoto-foto sejenak di depan PLTU yang berperan penting untuk listrik wilayah Jawa dan Bali.

PLTU Pelabuhan Ratu

Di Sebrang Jalan PLTU Pelabuhan Ratu

- SEKIAN-


Referensi :
- http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/disc-det.php?lang=id&id=15
- https://id.wikipedia.org/wiki/Alun-alun_Palabuhanratu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar