Minggu, 26 Juni 2016

Luntang Lantung Menuju Kawah Ratu Gunung Salak Bogor

Ini adalah perjalanan kami sebelum menjalani Hari Raya Idul Adha pada tahun 2014. Karena saat itu mulai banyak tentang wisata Kawah Ratu gunung Salak, mulailah kami tertarik untuk menuju Kawah Ratu yang lokasinya di Kawasan Taman Nasional Gunung Salak Endah.
Awal perjalanan kami masuk pintu Gerbang Taman Nasional Gunung Salak Endah terlebih dahulu, dan tidak lupa membayar tiket masuk area dahulu. Selesai membayar, kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Pos Pendakian Kawah Ratu, yang lokasinya 10 menit perjalanan motor dari pintu gerbang Taman Nasional.

Lokasi Kawah Ratu Gunung Salak (Via Google Maps)

Tiba di area pos, kami menitipkan sepeda motor terlebih dahulu di sebuah warung dekat pos, sekaligus mengecek perlengkapan-perlengkapan masing-masing yang dibutuhkan selama pendakian. Seperti P3K, air mineral, makanan, dan lain-lain.

Di Area Parkiran Motor

Selesai pengecekan, kami mulai menuju pos untuk mengisi identitas masing-masing beserta membayar biaya administrasi. Dan yang paling penting nih, tidak lupa menuruti aturan-aturan yang disampaikan oleh si Bapak penjaga pos.

Salah satu aturan yang paling penting adalah, kalau kita jangan sampai mendekati Kawah Ratu apalagi menghisap asap Kawah. Soalnya si asap ini mengandung racun, dan sudah memakan beberapa korban yang sebelumnya tidak mentaati aturan yang berlaku.

Kawasan Pos Pendakian Kawah Ratu

Sebetulnya, untuk menuju Kawah Ratu sangat disarankan untuk membawa pemandu jalan. Dikarenakan lokasi yang jauh dengan menembus hutan, sehingga dikhawatirkan kalau sampai ada yang menyasar karena lupa jalan. Namun, karena salah satu kawan yang bernama Coeg Evan sudah 3x ke Kawah Ratu, kami memutuskan untuk tidak perlu menggunakan pemandu jalan.

Dari Pos Pendakian Kawah Ratu inilah, kami memulai perjalanan menembus hutan terlebih dahulu dengan membutuhkan waktu hampir 2 jam lebih pendakian (dengan istirahat). Dan yang paling penting juga nih, tidak lupa berdoa terlebih dahulu sesuai kepercayaan masing-masing.

Mulai Memasuki Kawasan Hutan

Jalan Santai Menembus Hutan

Masih Istirahat Sejenak, di Tengah Perjalanan

Berhenti Sejenak, Karena Nemuin Sungai Kecil :)

Masih di Sungai Yang Jernih

Air Sungai Yang Tetap Jernih

Masih Menembus Hutan Lagi

Sepertinya Ini Pohon Pakis Hutan :D

Setelah lama berjalan menembus hutan terlebih dahulu, akhirnya kami pun tiba di Kawah Mati. Yah walaupun belum tiba di Kawah Ratu, tapi setidaknya kami tidak salah jalan dan juga sebagai tanda kalau sebentar lagi kami akan tiba di Kawah Ratu.

Selamat Datang Di Kawah Mati

Penampakan Kawah Mati

Kawah Mati Yang Terlihat Seperti Bekas Kebakaran Hutan

Situasi Di Kawah Ini Agak Panas, dan Sedikit Berbau Belerang

Setelah melewati Kawah Mati, Selanjutnya kami melanjutkan pendakian menuju Kawah Ratu. Selama pendakian, kami melihat pemandangan Kawah Mati yang ternyata lumayan luas juga areanya.

Salah Satu Pemandangan Kawah Mati Selama Pendakian

Salah Satu Pemandangan Kawah Mati Dari Ketinggian
Selama Melanjutkan Perjalanan Menuju Kawah Ratu

Selama melanjutkan perjalanan dari Kawah Mati, ternyata kami melewati Kawah Mati kembali. Namun, kali ini Kawah Mati tersebut memiliki nama yaitu Kawah Mati Danau Situ Hiang.

Selamat Datang Di Kawah Mati
Danau Situ Hiang

Masih Disekitar Kawah Mati

Saat kami melewati Kawah Mati kedua, situsi kali ini nampak lebih horor. Karena kita seperti melewati area yang seperti bekas kebakaran hutan atau bekas perang macem film-film hehe. Oleh sebab itu, kami tidak lupa untuk merekam perjalanan kami ini kedalam video berikut :

Video Melewati Kawah Mati Kedua

Masih Melewati Kawah Mati Kedua

Setelah hampir 2 jam lebih perjalanan dari Pos Pendakian, kami akhirnya tiba di Kawah Ratu Gunung Salak. Sehingga tidak lupa kami mengabadikan momen-momen selama di Kawah Ratu, dan tidak lupa "Kami Tidak Mengisap Asap Kawah Ratu" hehe :)

Selamat Datang Di Kawah Ratu Aktif

Tetap Waspada Selama Di Sungai Kawah Ratu

Air Panas Yang Muncul Di Selah-selah Bebatuan,
dan Berbau Belerang

Setelah istirahat dan selesai mengabadikan momen-momen selama di Kawah Ratu, kami memutuskan untuk mengakhiri trip kali ini. Dan waktu yang kami habiskan selama perjalanan pulang ke Pos Pendakian adalah hampir 2 jam perjalanan.