Sabtu, 04 Juni 2016

Ke Ambarawa Asik Juga

Sepenggal Kotretan, Trip Ke Ambarawa :)

Ambarawa,

Adalah nama dari salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kalau ingin membaca tentang asal usul nama Ambarawa yang ada di situs "http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2009/09/09/79961/Cikal-Bakal-Ambarawa-yang-Terlupakan" , ada salah satu kalimat yang menjelaskan kalau nama Ambarawa itu diambil dari kata Amba (Luas) dan Rawa. Sehingga arti nama Ambarawa adalah rawa yang luas. Hal itu memang benar sekali, bahwa di daerah ini memang terdapat rawa yang sangat luas yaitu Rawa Pening.

Kecamatan ini memang sangat terkenal dengan objek wisata Museum Kereta Api yang pernah berjaya pada tempo dulu. Namun, bukan hanya museum saja yang ada di Ambarawa, melainkan banyak beberapa lokasi yang menarik dan wajib dikunjungi saat ke Ambarawa. Nah kebetulan kemarin ane dengan ditemani Kawan yang orang Semarang yang sebagai Tour Guide, mau kasih tau lokasi mana saja yang wajib didatengin :)

Google My Maps, Tujuan Selama Di Ambarawa

Pertama-tama ane berangkat hari Jumat malam dari Stasiun Pasar Senen Jakarta jam 23:00 WIB, dan tiba di Stasiun Semarang Poncol hari Sabtu Pukul 6:00 WIB. Kemudian untuk transportasi ke Ambarawa, ane menggunakan sepeda motor yang dimulai pemberangkatannya pada pukul 09:00 WIB.

1. Museum Stasiun Kereta Api Ambarawa

Hampir sejam lamanya perjalanan dari Klipang menuju Ambarawa, kami langsung menuju Museum Stasiun Api Ambarawa. Di objek wisata ini kita dapat belajar sejarah perkereta apian Indonesia, dan juga dapat menikmati perjalanan dengan kereta wisata. Namun sayangnya, saat itu kami datang pada hari sabtu. Sedangkan untuk kereta wisata hanya beroperasi pada hari minggu saja.

Salah satu pemandangan di Museum Stasiun Api Ambarawa

Sedang Di Dalam Museum Stasiun Api Ambarawa

Berpose Dengan Kereta Tua :)

Tiket Kereta Tempo Dulu Yang Di museum kan

Macam-macam Topi Pegawai Stasiun Kereta

2. Gua Kerep Ambarawa

Selesai muter-muter di Museum Stasiun Kereta Api Ambarawa, selanjutnya kami menuju Gua Kerep Ambarawa yang sudah sangat terkenal. Sebenernya lokasi ini adalah tempat ibadah umat Katolik. Namun karena terdapatnya patung bunda maria yang tertinggi dunia, kami jadi tertarik untuk mampir sebentar ke Gua Kerep Ambarawa. Untuk info selengkapnya bisa lihat di "http://www.bersatulahdalamgerejakatolik.com/2015/05/patung-bunda-maria-tertinggi-di-dunia.html " .

Kecantikan Patung Bunda Maria

Kecantikan Patung Bunda Maria, Dengan Total Ketinggian Hampir 42 m.

Patung Bunda Maria

Setelah berfoto-foto dengan background patung bunda maria yang sangat tinggi, selanjutnya kami memasuki area Gua Kerep untuk melihat ketenangan para jemaat katolik dalam menjalani ibadahnya. Selain itu juga, disini terdapat makam keluarga RA. Maria Soelastri Soejadi sang Pendiri Wanita Katolik Republik Indonesia.

Oh ya, yang paling penting nih selama berkunjung kesini adalah jangan sampai mengganggu para jemaat yang sedang menjalani ibadah ya :)
Area Makam Keluarga Pendiri Wanita Katolik Republik Indonesia

Lokasi Para Jemaat Katolik Yang Sedang Ibadah di Gua Kerep Ambarawa

3. Benteng Fort Willem I atau Benteng Pendem Ambarawa

Destinasi selanjutnya setelah Gua Kerep Ambarawa, kami langsung menuju Benteng Fort Willem I atau yang lebih dikenal oleh orang-orang adalah Benteng Pendem Ambarawa. Benteng ini sebenarnya sangat berpotensi jadi objek wisata, apabila benar-benar serius perawatannya oleh pemerintah daerah. Karena sangat disayangkan saja apabila melihat kondisi bangunan bersejarah ini, terkesan mengalami pembiaran hehe :) .

Untuk menuju Benteng Pendem, kami mengambil jalan yang lebih cepat yaitu dekat Rumah Sakit Umum Daerah Ambarawa.

Pemandangan Di Sekitar Benteng Pendem

Apabila membaca di "https://id.wikipedia.org/wiki/Benteng_Pendem_Ambarawa" , memang benar Benteng Pendem tidak seperti dengan bangunan benteng-benteng pada umumnya. Benteng ini memang banyak jendelanya dan tidak ada lubang-lubang untuk menyimpan meriam. Sehingga kemungkinan benteng ini bukan untuk pertahanan, melainkan untuk barak militer dan juga untuk penyimpanan logistik militer.

Macem Lagi  Di Eropa hehehe

Pintu Masuk Area Benteng Pendem

4. Kampung Rawa

Perut pun mulai keroncongan, tanda makan berat harus disegerakan hehe. Kami langsung menuju Kampung Rawa, yang lokasi dekat dengan Rawa Pening. Kampung rawa merupakan salah satu objek wisata yang ada di Ambarawa, karena disini terdapat restoran apung beserta wahana-wahana permainannya. Asiknya saat kami menikmati makan siang di Kampung Rawa, kami disuguhi keindahan pemandangan rawa pening yang dihiasi Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo :) .

Tampak Depan Kampung Rawa
(Sumber : http://www.kampoengrawa.com/)
Uniknya saat menuju restoran apung, kami harus menaiki kendaraan getek terlebih dahulu. Buat ane pribadi sih ya lumayanlah, macem naek perahu-perahu gitu hehe.

Disekitar Restoran Apung

Untuk menuju lokasi ini, patokannya adalah perempatan jalan pas lampu merah di Jalan Jenderal M. Sarbini. Karena di perempatan jalan ini, akan terlihat jelas Gapura Kampung Rawa. Atau jika ingin lebih gampang, gunakanlah google maps dengan keyword "Kampung Rawa Ambarawa" hehe :) .

Lokasi Kampung Rawa, Apabila Menggunakan Google Maps :)

Karena Kami Lupa Foto Lokasinya, Di Screenshot Saja Dari Google Street View
Gapura Dengan View Bangunan Joglo (Kampung Rawa) hehe :)

5. Eling Bening
Hari pun semakin sore, dan untuk mengakhiri trip selama di Ambarawa kami memutuskan untuk ke Eling Bening. Eling Bening adalah sebuah kawasan wisata dengan fasilitas restoran, kolam renang, taman bermain, dan lain-lain serta dilengkapi dengan pemandangan rawa pening yang sangat indah. Karena lokasi ini merupakan salah satu lokasi untuk melihat rawa pening dengan jelas dari ketinggian.
Untuk menuju lokasi ini, sebenernya tidaklah sulit dan yang paling penting patokannya adalah Lokasi Pemakaman China Bawen. Karena lokasi Eling Bening bersebrangan dengan lokasi pemakaman tersebut, dan juga saat memasuki area ini kita akan melihat tulisan besar di pinggir jalan "ELING BENING" hehe :) .

Menikmati Pemandangan Rawa Pening :)

Di Eling Bening, kami hanya berfoto-foto dengan background Rawa Pening saja dan juga sembari menghabiskan minuman Jus Jambu yang disediakan oleh pengelola yang ada disini. Ya Alhamdulillah, yang penting bisa menikmati keindahan pemandangan yang ada di Ambarawa hehe :) .

Ini kisah Gw, dan Gw yang paling depan hahaha :D

Masih di Eling Bening

Jam tangan menunjukkan pukul 17:00 WIB, kami pun langsung bergegas pulang menuju Kota Semarang.