Senin, 13 Februari 2017

Keindahan Situ Taman Sari Ciapus Bogor Saat Di Pagi Hari

Keindahan Situ Taman Sari Ciapus Bogor Saat Di Pagi Hari
Taman Sari adalah nama salah satu nama Desa yang ada di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Karena lokasi yang berdekatan dengan Gunung Salak, maka tidak heran kalau udara di desa ini masih sejuk. Selain itu juga, desa ini memiliki beberapa objek wisata yang bisa untuk kita kunjungi seperti Bumi Perkemahan Sukamantri dan Pura Parahyangan Agung Jagatkarta. Namun, bukan hanya kedua objek wisata itu saja yang sudah dikenal banyak orang, akan tetapi terdapat satu lokasi yang sebetulnya dapat dikembangkan potensi wisatanya agar menjadi daya tarik tambahan di Desa Tamansari. Dan lokasi yang ane maksud tersebut adalah Situ Taman Sari.

Batas Administrasi Lokasi Situ Tamansari Berdasarkan Data BPS Tahun 2013 (Dilihat Dari Citra ESRI)

Sebelumnya ane memang tidak begitu tahu, kalau ternyata di daerah Ciapus atau di Desa Taman Sari ini terdapat sebuah danau. Hal tersebut baru ane ketahui, saat tahun lalu iseng-iseng membuka Google Earth dan melihat objek danau yang cukup luas.

Sebetulnya informasi tentang danau ini sangatlah minim, sampai-sampai ane bingung saat mencari informasinya di internet. Karena, ternyata si danau ini memiliki nama yang berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Setu Lama, Situ Taman, dan juga Situ Taman Sari. Selain itu juga, papan informasi yang ada di sepanjang Jalan Raya Ciapus lumayanlah minim informasi. 

Sehingga, yasudahlah ane menggunakan bantuan Google Maps untuk melihat rute mana saja yang harus ane lewatin. Dan ternyata, kalau ingin menuju ke situ ini gunakanlah patokan jalan menuju Bumi Perkemahan Sukamantri, dari arah Jalan Raya Ciapus.

Lokasi Persis Situ Taman Sari

Untuk informasi koordinatnya, bisa dilihat pada gambar ini :

Koordinat Lokasi Situ Taman Sari

Nah, 

Dari hal tersebut, disini ane mau berbagi pengalaman aja pas tahun lalu saat mengunjungi danau ini. Jadi awal mulanya, pas minggu pagi ane mencoba untuk berolah raga lari pagi dari Kelurahan Pamoyanan, menuju Desa Taman Sari. Jarak tempuh yang ane habiskan saat itu adalah kurang lebih 9 Km, dengan waktu tempuglh hampir 2,5 jam. 

Untuk rutenya sendiri, ane melalui jalur alternatif menuju The Jungle yaitu Jalan Pabuaran.

Jalan Menuju Situ Taman Sari Dari Pamoyanan

Setibanya sampai perempatan Jalan Raya Ciapus atau tepat pemberhentian Angkutan Kota 03, ane mulai menanyakan ke salah satu pedagang mengenai lokasi Bumi Perkemahan Sukamantri. Dan ternyata jalan menuju lokasi perkemahan tersebut, kalau dari perempatan ambil saja jalan yang menuju ke selatan yaitu Jalan Taman Sari.

Usai bertanya, ane mulai melanjutkan olah raga pagi menuju Jalan Taman Sari. Dan kurang lebih dari 500 m, ane mulai melihat situ tersebut yang ternyata berada disebelah kanan jalan.

Mulailah rasa lelah ane sehabis olah raga lari pagi menjadi hilang, dengan melihat pemandangan Situ Taman Sari yang cukup indah. 

Situasi Situ Taman Sari
Yang bikin situ ini terlihat indah saat pagi hari adalah pemandangan Gunung Salak yang terlihat sedang bercermin di air. Ditambah dengan suasana sejuk, angin sepoy-sepoy dan udara yang segar dipagi hari. Namun sayangnya ane merasa kurang lengkap saja, karena saat itu cuaca agak mendung. Sehingga pemandangan Gunung Salak, kurang terlihat secara keseluruhan.

Situ Yang Belum Maksimal Potensi Wisatanya

Bercerminnya Gunung Salak tersebut memang terlihat sangat dekat situ, walaupun nyatanya tidak begitu dekat. Hal tersebut dikarenakan, topografi lokasi Situ Taman Sari yang berada dibawah Gunung Salak.

Topografi Lokasi Situ Taman Sari & Sekitarnya
Selama disini, ane melihat berbagai aktifitas pengunjung yang datang seperti memancing, memberi makan ikan, bahkan ada yang hanya menikmati suasana di Situ Taman Sari saja. Namun, yang sangat disayangkan adalah kondisi danau yang cukup sedikit kotor. Seperti kondisi kedalaman situ yang mulai mengalami pendangkalan, dan sampah mulai sedikit menumpuk diberbagai sisi.

Walaupun begitu, tetap saja pemandangan yang disuguhkan oleh situ ini dapat menghilangkan kepenatan dan kejenuhan. Dan yang paling penting menurut ane, datanglah pas pagi hari.

Situ Taman Sari & Sekitarnya

Selain itu juga, ane harap semoga buat kedepannya situ ini bisa dimaksimalkan potensi wisatanya seperti Floating Market Lembang Bandung. Karena bisa mendongkrak perekonomian daerah sekitar, dan menambah daya tarik wisata yang ingin ke Desa Taman Sari atau Kecamatan Taman Sari atau juga Kabupaten Bogor.


-SEKIAN-


Tidak ada komentar:

Posting Komentar