Jumat, 17 Februari 2017

Badak Tasikmalaya Yang Hanya Ada Di Museum Zoologi Bogor

Badak Tasikmalaya Yang Hanya Ada Di Museum Zoologi Bogor

Tahukah kalian kalau ternyata Tasikmalaya pernah memiliki fauna yang bernama Badak? Ya memang benar, dahulu pernah hidup beberapa ekor badak di daerah Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Akan tetapi, kini sudahlah punah dan hanya menyisakan satu ekor badak yang sudah diawetkan di Museum Zoologi Bogor. Sehingga Badak Tasikmalaya yang ada di Museum Zoologi Bogor ini, mendapat sebutan sebagai Badak Terakhir Di Priangan.
Salah satu penyebab punahnya badak ini adalah maraknya pemburu gelap yang tidak bertanggung jawab. Hingga akhirnya pada tahun 1914, terdapat satu-satunya badak yang masih hidup di Bumi Priangan atau daerah Jawa Barat. Badak tersebut berada di daerah Karangnunggal Tasikmalaya, dan berjenis kelamin jantan. Namun, sebetulnya ada juga badak betina, akan tetapi telah tewas dibunuh oleh pemburu gelap yang terjadi pada tahun itu juga. 


Badak Tasikmalaya
Usia badak ini sudah tua dan selama di perlindungannya mengalami kesulitan untuk menggabungkan diri dengan badak lainnya yang ada di Cagar Alam Ujung Kulon. Maka pihak Mseum Zoologi di masa Pemerintahan Hindia Belanda memutuskan untuk memburu badak ini sebagai koleksi Museum Zoologi Bogor. Tujuan dari pemburuan oleh pihak museum adalah agar badak terakhir di Priangan ini tidak jatuh ketangan pemburu gelap. Sehingga dikhawatirkan akan merugikan ilmu pengetahuan tentang badak ini.

Badak Terakhir Priangan Yang Menjadi Koleksi Museum Zoologi Bogor
Hingga akhirnya pada tahun 1934, petugas-petugas museum berhasil menewaskannya dengan tembakan yang mengggunakan sebutir peluru Meuser. Untuk berat total badak ini cukuplah besar, yaitu hampir 2 ton atau lebih tepatnya 2280 Kg. Dengan tewasnya badak tersebut, maka menjadikannya sebagai "Badak Terakhir Priangan". Apabila ingin melihat lebih dekat dan jelas, kita dapat mengunjungi Museum Zoologi Bogor.

Informasi Tentang Badak Terakhir Di Priangan
Badak Tasikmalaya ini termasuk kedalam jenis Badak Jawa, yang memiliki deskripsi bercula satu, bertubuh besar menyerupai badak hitam, panjang tubuh yang bisa mencapai > 3m, tinggi bisa mencapai > 1m, dan lain-lain (bisa baca di https://id.wikipedia.org/wiki/Badak_jawa ). Makanan bdaka ini berupa ranting-ranting, daun-daun dan reerumputan. Selain itu juga, perkembangbiakan badak ini sangat lambat. Dari hal tersebutlah, badak-badak yang tersisa seperti di Taman Nasional Ujung Kulon termasuk sebagai hewan yang sangat dilindungi.
 

Badak Tasikmalaya Yang Hanya Ada Di Museum Zoologi Bogor


-SEKIAN-



Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Badak_jawa
- http://travel.kompas.com/read/2012/08/04/10514878/Kisah.Sedih.Badak.Terakhir.di.Priangan...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar