Jumat, 03 Februari 2017

Menuju Senja Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi


Menuju Senja Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Usai menikmati keindahan Blue Fire Kawah Ijen pada pertengahan tahun lalu, ane dan kawan-kawan melanjutkan destinasi lainnya yang ada di Banyuwangi yaitu ke Pantai Pulau Merah. Walaupun pantai ini berjarak 60 Km lebih dari kota, namun berdasarkan informasi yang kami dapatkan bahwa pantai ini menawarkan keindahan alam yang unik dan bisa memanjakan mata.


Lokasi Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah berlokasi di bagian selatan Kabupaten Banyuwangi, atau lebih tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Untuk transportasi umum menuju ke pantai ini, ane kurang begitu tau dan terlebih lagi jaraknya yang begitu jauh dari Banyuwangi Kota. Jadi lebih disarankan apabila ada yang ingin ke pantai ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau seperti ane aja yang menyewa sepeda motor di Toko Subur Stasiun Karangasem.


Jalan Menuju Pantai Pulau Merah (Via Google Maps)
Untuk rute jalan menuju Pantai Pulau Merah, ane memakai bantuan google maps, yang kemudian menggunakan GPS di smartphone agar tidak salah rute selama diperjalanan. Dan pada siang hari, ane dan kawan-kawan memulai perjalanan menggunakan sepeda motor dari Penginapan Toko Subur Stasiun Karangasem. Waktu tempuh yang harus dilalui versi google maps, adalah kurang dari 2 jam perjalanan.

Namun nyatanya waktu tempuh yang dilalui saat itu adalah hampir 3 jam lamanya. Hampir sama perjalanan Bogor - Bandung, padahal sudah menggunakan sepeda motor agar terbebas dari macet. Hal tersebut dikarenakan perjalanan yang cukup jauh, sehingga kami butuh istirahat dibeberapa tempat dikarenakan kelelahan. Akan tetapi, alhamdulillah nya informasi rute jalan menggunakan si google maps ini, sangat akurat dan ane tidak nyasar sama sekali.

Selain itu juga, untuk masalah jalanan ke pantai ini pun cukup bagus dan papan informasi di sepanjang jalan cukup informatif untuk mengantarkan para pengunjung ke Pulau Merah. Dan berdasarkan informasi, bahwa bagusnya jalanan dan mudahnya akses menuju pantai ini disebabkan oleh seriusnya Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada tahun 2012 lalu, dalam mempromosikan dan mengembangkan wisata yang ada di daerah ini.



Memandang Pulau Merah

Sisi Lain Di Pantai Pulau Merah

Hampir menjelang sore tibalah di pos masuk kawasan Pantai Pulau Merah, dan diharuskan membayar karcis Rp.8000,-/orang dan Rp.2000,-/motor (Harga Tahun 2016). Sebagai informasi saja, bahwa pantai ini dikelola oleh Kesatuan Bisnis Mandiri Wisata & Jasa Lingkungan II Perum Perhutani. Dan menurut ane sih pengelolaan wisata yang ada disini cukup bagus.

Usai memarkirkan kendaraan sepeda motor, langsunglah bergegas menuju pantai untuk mencari Pulau Merah. Dan ternyata benar, nama Pantai Pulau Merah itu diambil dari pulau yang berbentuk gunung dan lokasinya sangat dekat dengan pantai alias terlihat jelas. Konon katanya, bahwa tanah yang ada dipulau tersebut berwarna merah dan karena tertutup oleh vegetasi maka tidak terlihat merahnya. 

Pantai Pulau Merah (Dilihat Dari Google Maps)

Selain itu juga, hamparan pasir putih agak kecokelatan yang ada di pantai ini sangat panjang dan berdasarkan informasi bahwa hamparannya hampir mencapai 3 Km. Dan untuk ombak pantainya pun cukup tinggi, bisa mencapai 5 m dan menurut informasi juga bahwa ombak pantai ini sangat cocok untuk peselancar pemula dan hal tersebut sudah dibuktikan oleh banyaknya turis asing yang sangat terkesan dengan Pantai Pulau Merah karena ombak dan keindahannya.

Bule Cewek Yang Lagi Nunggu Suaminya Surfing

Maka tidak heran apabila saat ane dan kawan-kawan datang ke pantai ini, banyak orang-orang yang surfing atau berselancar baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan demi meningkatkan promosi dimata internasional, Pemerintah Banyuwangi hampir beberapa tahun belakangan ini selalu mengadakan kompetisi selancar baik tingkat nasional maupun internasional. 

Kawan Ane Yang Lagi Di Pantai Pulau Merah

Tidak hanya untuk peselancar saja yang ingin menikmati keindahan pantai ini, bahkan yang seperti ane pun bisa melakukan kegiatan lain untuk tidak melewatkan momen selama di selatan banyuwangi ini. Seperti mengambil potret setiap sisi pantai, sembari menikmati keindahan pantai menjelang senja. Bahkan di pantai ini, sangat cocok juga untuk kegiatan liburan keluarga dan hal tersebut dibuktikan dengan fasilitas yang disediakan sangat ramah untuk pengunjung. Maka tidak heran, saat itu ane lihat banyak anak-anak kecil berlarian dengan orang tuanya dengan penuh canda tawa.

Anak-anak yang Sedang Bermain Pasir

Sisi Lain Pengunjung Yang Sedang Bermain Pasir

Senja di pantai ini tidaklah kalah keren dengan pantai lainnya, bahkan walaupun pemandangan terbenamnya matahari tepat pada barisan bukit sekitar pantai ini, ternyata memberikan pesona yang cukup cantik dan unik. Seperti halnya sunset yang pernah ane liat di Pantai Pancer Pacitan , pemandangan terbenamnya matahari tidak di laut lepas. Selain itu juga, warna langit saat senja di pantai ini bagus untuk dinikmati dan tentunya memberikan kesan tersendiri di lokasi wisata yang menjadi salah satu andalan Kabupaten Banyuwangi. Jadi, apabila wisata ke Banyuwangi rasanya kurang pas apabila tidak mampir ke Pantai Pulau Merah.

Sisi Lain Menuju Senja

Masih Menuju Senja

Hingga akhirnya senja akan tiba di Pantai Pulau Merah, ane dan kawan-kawan pun langsung menyiapkan rute perjalanan di google maps untuk menuju perjalanan pulang.

- SEKIAN-

Referensi :
- https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Pulau_Merah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar